Kabupaten Bima Tidak Ada Penerimaan CPNS Tahun 2013

Senin, 05 Agustus 20131komentar

KM-MADAPANGGA—Pemerintah kabupaten Bima secara resmi mengumumkan bahwa tahun 2013 ini tidak ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam formasi umum. Namun yang berjalan saat ini hanya mengakomodir tenaga honor daerah Kategori 1 dan 2 yang sedang dalam masa proses.
Keputusan tersebut mengacu surat Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB)—seperti yang dirilis melalui website resmi Kemen PAN-RB, pada 20 Juli 2013 lalu.
Dalam rilis tersebut menyebutkan, sebanyak 29 Kementerian dan 36 Lembaga akan melakukan seleksi CPNS tahun ini dengan formasi sebanyak 20 ribu. Sedangkan Pemerintah Daerah yang mendapatkan tambahan formasi CPNS dengan jumlah total 40 ribu orang dari jalur umum terdiri dari 33 Pemerintah Provinsi dan 193 Kabupaten/Kota. Untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, hanya Kabupaten Sumbawa Barat dan Lombok Utara yang mendapat jatah formasi CPNS, karena kedua Kabupaten tersebut relatif baru terbentuk.
            “Salah satu penyebab keterbatasan formasi CPNS tahun ini berkaitan dengan kebijakan moratorium tahun 2012 lalu. Kendati memang moratorium dijadwalkan berakhir pada 31 Desember 2012, namun pendanaan yang harusnya diperuntukkan bagi CPNS tahun 2013 masih dalam perancangan dan lebih diutamakan bagi penuntasan tenaga honorer K2.” Demikian dijelaskan dalam website Kemen PAN-RB itu.
            Moratorium tersebut merupakan hasil keputusan bersama tiga menteri yakni Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Keuangan.
Selain masalah anggaran, faktor penyebab lain adalah belum adanya analisis jabatan dan analisis beban kerja serta peta jabatan, rencana pendistribusian pegawai serta belum tesedianya rencana kebutuhan pegawai untuk lima tahun yang akan datang.
            Untuk mengatasi permasalahan tersebut, langkah yang saat ini dilakukan pemerintah daerah adalah berusaha menyeimbangkan anggaran belanja langsung dengan anggaran belanja tidak langsung, serta mendata secara real berapa kebutuhan pegawai yang diperlukan.
            “Proses penuntasan tenaga honor, baik K1 maupun K2, akan berlangsung sesuai prosedur yang berlaku. Jika ada pihak yang menyatakan dapat mempercepat pengangkatan dengan membayar sejumlah uang, maka pernyataan tersebut adalah penipuan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Plt Sekda Bima H Abdul Wahab, saat safari Ramadhan di disejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Bima, baru-baru ini.
Bahwa jatah formasi umum dimaksud tidak ada mengingat jumlah K2 sudah terlalu banyak. “Tetapi bagi yang ingin mengikuti formasi umum di daerah lain, silakan saja. Sebab, Pemerintah Pusat telah mengganti Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Nasional (CPNSN),” ujar Wahab.
            Rencana pelaksanaan tes penerimaan Pegawai tersebut dilaksanakan Oktober dan Nopember 2013. Sedangkan bagi yang berstatus Honorer Kategori II (K2), berhak mengikuti tes penerimaan pada minggu ke empat September 2013 mendatang.

Dijelaskan pula, penjaringan pegawai beberapa bulan kedepan, Pemerintah Pusat akan menggunakan sistem computer dan pengisian LJK. Bagi Daerah yang jumlah pesertanya ratusan orang akan menggunakan sistem computer sedangkan daerah yang jumlah pesertanya diatas ribuan, tetap menggunakan pengisian LJK.(sri)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

20 Oktober 2013 17.54

yang tidak jelas pembagian jatah formasi untuk setiap jurusan,hal ini memberi peluang adanya KKN di kabupaten bima

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MADAPANGGA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger